PISOWANAN WISATA KERATON PAMONG KALURAHAN KARANGTENGAH KE KERATON KASULTANAN DIY

Operator 04 Januari 2024 20:07:20 WIB

Karangtengah SIDASAMEKTA : Karangtengah (04/01/2024), Kamis 04 Januari 2024, JOGJA ISTIMEWA, Dalam rangka Hut ke-80 Sri Sultan HB ke X, Pamong Kalurahan Karangtengah menghadiri undangan dalam  kegiatan seremoni kusus, yaitu acara yang di sebut dengan istilah / atau sebutan “Pisowanan” wisata keraton  ke Keraton Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat, bersama dengan pamong – pamong dari Kalurahan lain yang ada di DIY. Dengan agenda waktu Terjadwal sesuai undangan.

 

Sebutan Pisowanan atau sama halnya memiliki arti pertemuan besar antara rakyat / pamong kalurahan dengan  Raja yang memimpin suatu daerah, atau dalam segala hal acara yang di perkenankan,( dalam hal ini adalah Sri Sultan HB X ) selaku raja Yogyakarta dengan rakyat / Pamong Kalurahan sebagai kawula yang di pimpinya.

Kegiatan ini bisa juga sebagai wujud langsung di berinya kesempatan untuk rakyat / pamong kalurahan dalam menghadap dan melihat lebih dekat kepada rajanya untuk melihat dan mengetahui lebih dekat maupun secara langsung tentang seluk beluk Keraton Yogyakarta dan sejarahnya.

 

Di dalam sebuah penjelasanya dari pemandu keraton yang memang mendampingi para pengunjung, di antaranya sejarah Yogyakarta yang pernah menjadi Ibu Kota RI, dan ini penting untuk terus di edukasikan ke masyarakat kususnya generasi muda agar tidak lupa dengan sejarah bangsanya. Selain menerangkan tentang tata letak peta geografis bangunan keraton juga nama dan fungsinya lengkap dengan benda2 bersejarah peninggalan keraton sebagai peninggalan sebuah warisan dari raja2 yang pernah bertahta sebelumnya hingga sekarang.

Yogya pernah menjadi Ibu kota RI di masa penjajahan di awal kemerdekaan, ini momen yang historis bersejarah maka masyarakat perlu mengetahui, terlebih warga Yogya, bahwasanya kota Yogyakarta menjadi peran penting berdirinya Negara INDONESIA tercinta ini.

Kegiatan  ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam mengenali sejarah dan juga sebagai pengingat bagi genersi berikutnya agar semangat dan sepiritnya akan kecintaan kepada bangsanya tetap terjaga dan di rasakan berkelanjutan.

 

Penjelasan  ini di sampaikan langsung dari pemandu wisata keraton di depan seluruh pamong Kalurahan Karangtengah dan pengunjung lainya baik local domestic maupun pengunjung manca turis asing misalnya  yang  hadir mengunjungi kekayaan budaya dan nilai2 sejarah akan adanya, Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Dalam hal kegiatan kunjungan ini pula pamong kalurahan juga berkesempatan mengunjungi dan sholat berjamaah di Masjid  bersejarah yang juga merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta atau biasa di sebut  sebagai Masjid Gede Kauman.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar