Visi Misi

Operator 01 April 2013 14:14:06 WIB

VISI DAN MISI

Visi yang ditetapkan Kalurahan Karangtengah Tahun 2022-2027 adalah sabagai berikut :

Dengan letak geografis yang cukup baik dimana kalurahan Karangtengah berada di wilayah jantung ibukota kabupaten Gunungkidul dan berbatasan dengan denga beberapa kalurahan baik wilayah kapenewon yang sama maupun berbeda, seperti sebelah selatan dengan kalurahan Wonosari, sebelah barat kalurahan Gari, sebelah utara dengan kalurahan Kedung keris kapenewon Nglipar serta sebelah timur kalurahan Bejiharjo kapenewon Karangmojo.

Selain letak geografis yang cukup baik kalurahan Karangtengah memiliki berbagai macam Potensi, baik potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, social budaya, dan lainnya yang dapat dikembangkan dan dijadikan sarana menuju kesejahteraan masyarakat. Sehubungan dengan kondisi dan kemampuan dasar / kekayaan yang dimiliki tersebut selayaknyalah mimpi MANDIRI menjadi target / tujuan  pelaksanaan pembangunan di Kalurahan Karang tengah. Maka keseriusan yang hendak diupayakan dilaksanakan dalam kurun waktu periodisasi pemimpin kalurahan yang akan datang ( tahun 2022 -2027 )  dengan semangat melayani masyarakat  bertekad bulat seraya mohon petunjuk Alloh Tuhan yang Maha Bijak, target saya dengan didukung seluruh masyarakat Bersama sama :“ Mewujudkan Karang tengah  Mandiri sebagai Kawasan Agropolitan, Kawasan wisata, Kawasan industry dan ekonomi yang terintregrasi menuju kalurahan Karang tengah sejahtera, berbudaya dan religius “. Sebagai Visi kedepan.

Misi Kalurahan Karangtengah

Misi adalah pandangan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan pemerintah kalurahan untuk mewujudkan visi.

Untuk dapat mencapai tujuan / target pembangunan tersebut perlu kiranya didesign perencanan program dan kegiatan yang harus dilaksanakan di dalam perjalanan pemerintahan kalurahan. Adapun beberapa rencana yang akan dilakukan dan menjadi misi pembangunan adalah :

  1. Melaksanakan tata kelola pemerintahan kalurahan yang jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
  2. Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat.
  3. Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh pamong kalurahan.
  4. Peningkatan sarana dan prasarana kalurahan yang memadai.
  5. Peningkatan dan pembangunan infrastruktur diberbagai bidang
  6. Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat.
  7. Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa yang maksimal.
  8. Meningkatkan kehidupan desa secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan
  9. Meningkatkan produktifitas ekonomi masyarakat melalui program peningkatan pengetahuan dan produktifitas ketrampilan masyarakat
  10. Menanamkan nilai nilai religius dan kearifan lokal melalui program pengembangan nilai nilai religious dan adat istiadat.
  11. Mewujudkan system usaha mandiri melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa
  12. Menggali dan meningkat potensi desa di berbagai bidang dengan program Desa Mandiri
  13. Menggali dan meningkatkan sumber pendapatan kalurahan guna mendukung kemampuan keuangan kelurahan
  14. Mengembangkan fasilitas penunjang pertanian melalui program peningkatan sarana prasarana pertanian
  15. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia baik bagi pelaksana pemerintahan maupun masyarakat.
  16. Mmbangun dan mengembangkan system digital pada pelaksanaan kegiatan pemerintahan, termasuk didalamnya pelayanan masyarakat.
  17. Melestarikan adat budaya , meningkatkan hidup gotong royong dan rasa handarbeni terhadap wilayah kalurahan Karang tengah.
  18. Membangun kerja sama kedalam dan keluar kalurahan termasuk pemerintah yang lebih tinggi.
  19. Meningkatkan Toleransi beragama, Kebhineka tunggal ikaan, serta mempertahan nilai nilai Pancasila untuk menjaga ketentraman.

Demikian Visi dan Misi yang akan dilaksanakan apabila saya dapat dipercaya untuk memenangkan dan menjadi pelayan bagi masyarakat Karangtengah, tentusaja visi misi tersebut akan menjadi Strategi dan target yang harus diperjuangkan untuk dilaksanakan melalui mekanisme dan program kerja kegiatan dan akan tertuang diberbagai bidang pelaksana pembangunan dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.