PERHATIAN DAN PENDEKATAN TERHADAP ODGJ ATAU YANG LAINYA OLEH PEMKAL KARANGTENGAH (KAMITUWO).

Operator 05 April 2024 21:54:27 WIB

Karangtengah SIDASAMEKTA: Karangtengah (05/04/2024), Selasa, 02 April 2024, Pamong Kalurahan Karangtengah dalam hal ini Kamituwo bersama Bhabinkamtibmas, Bhabinsa kalurahan, selalu terlibat aktif dalam merespon dan menindak lanjuti lapuran dari keluarga maupun masyarakat tentang permasalahan ODGJ atau sebutan yang lainya dengan dampak sosial yang ada.

Sudah barang tentu Pemkal (Kamituwo) bekerjasama dengan Dinas terkait maupun Yayasan, baik itu Puskesmas setempat, Dinkes, Dinsos untuk berjenjang dalam penangannan bilamana sampai di perlukan.

 

ODGJ atau (Orang Dengan Gangguan keJiwaan) adalah individu atau orang yang membutuhkan perhatian kusus baik lingkup terkecil adalah keluarga, masyarakat di lingkunganyanmaupun dari Pemerintah terkait.

Namun terkadang ada ODGJ yang terlantar dan yang lainya karena mungkin kurangnya mendapatkan perhatian dari keluarga maupun di lingkunganya itu sendiri sehingga berdampak kurang baik, dan kasus seperti ini yang tentunya perlu pendekatan dan edukasi.

 

Tindakan pertama yang di lakukan tersebut adalah mengunjungi ke rumah atau tempat ODGJ/atau sebutan lainya di mana dia tinggal sesuai petunjuk lapuran maupun aduan.

Di sini melakukan pendekatan kepada keluarga kerabat maupun orang atau lingkungan terdekat untuk mendapatkan sejumlah data atau informasi lebih tentang ODGJ tersebut baik tabiat, perilaku, pribadi keseharian dan lain – lain juga apapun yang jadi keluhan sebelum menentukan langkah selanjutnya yang mau di lakukan entah itu rehabilitasi atau yang lainya.

 

Tindakan yang terintegrasi dan respon dari pemkal ini bukan kali pertama di lakukan dan sudah kesekian kali bilamana mendapat aduan.

Tindakan ini juga di lakukan dan di harapkan untuk memberikan perhatian dan perlindungan perawatan  kepada ODGJ/atau sebutan lainya agar supaya mendapatkan apa – apa yang memang di butuhkan dan kembali sehat sehingga mereka dapat hidup mandiri seperti orang lain pada umumnya.

 

Penanganan ODGJ ini selaras dari bagian tugas fugsi Kamituwo Kalurahan yang membidangi di antaranya permasalahan sosial,

Di dalam wilayah tugas kerjanya bekerjasama dengan dinas terkait juga yayasan dan dukungan semua pihak, selalu berupaya meningkatkan pelayanan, kususnya perhatian terhadap ODGJ, sehingga di harapkan di setiap tahapan penanganan ODGJ bisa cepat lekas pulih sehat dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta terlebih bisa di terima di masyarakat lingkungan dan tidak lagi menimbulkan permasalahan sosial yang baru. Semoga bermanfaat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar